Sabtu, 08 November 2014

Sebab-Sebab Pengangguran dan Jenis-Jenis Pengangguran

1. Sebab-Sebab Pengangguran
    
    Sering kita temui dalam masyarakat sarjana lulusan teknik, misalnya yang tidak mau bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. Mereka lebih memilih untuk menganggur.
    Faktanya, seringkali kondisi ini memaksa angkatan kerja untuk melepaskan idealismenya untuk bekerja di bidang yang mereka inginkan. Jadi, kondisi ini memunculkan masalah pengangguran yang tergolong setengah menganggur.
    Pengangguran yang terjadi di Indonesia terutama disebabkan oleh ketidakseimbangan (disequilibrium) antara jumlah angkatan kerja yang ada dan kesempatan kerja yang tersedia. Sebab-sebab lainnya ialah adanya pergantian musim, penggantian tenaga manusia oleh mesin sebagai proses alih teknologi dan efisiensi, perubahan struktur perekonomian dari pertanian ke indsutri dan jasa, serta adanya siklus konjungtur ekonomi, Adanya kesenjangan atau hambatan (friction) antara pencari kerja dan lapangan kerja serta terjadinya penurunan permintaan masyarakat total atas barang atau jasa juga mengakibatkan pengangguran. (Chris Manning dan Tadjudin Noer Effendi, 1996)

2. Jenis-Jenis Pengangguran

    a. Pengangguran Musiman
    b. Pengangguran Teknologi
    c. Pengangguran Struktural
    d. Pengangguran Siklis
    e. Pengangguran Friksional
    f. Pengangguran karena Kurangnya Permintaan Agregat (Total)
    g. Pengangguran sukarela (voluntary)




Sumber : Endro Sariono, Slamet Subekti, Burhanuddin A. Usman M. Jaharuddin, M. Alwi - Manusia dan Perilaku Ekonomi SMA kelas XI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar