Senin, 10 November 2014

PENGERTIAN BACK UP DATA

PENGERTIAN BACK UP DATA



1. APA YANG DI MAKSUD BACK UP DATA ?

Backup adalah membuat salinan dari file-file penting Anda. Ini perlu dilakukan untuk menjamin "kelangsungan hidup" data Anda, semacam "asuransi" seandainya sampai terjadi kerusakan media penyimpan data. Jadi satu file yang sama minimal ada di dua media yang berbeda. Bukan backup namanya jika setelah dicopy, file asli dihapus agar harddisk tidak penuh.Seringkali backup terkendala oleh biaya, ketidak-tahuan pengguna, atau terbengkalai setelah sekian lama tidak ada masalah apapun.Dewasa ini backup sebetulnya juga harus dilakukan untuk data pada ponsel Anda, namun kali ini saya hanya akan membahas backup data pada komputer.


2. JENIS JENIS BACK UP DATA

Full ( normal) : backup semua file yang dipilih tidak mempedulikan attibut archive bit file. Setelah filedibackup maka archive bit dari file tersebut akan dihapus sampai file tersebut dimodifikasi. Ketikaarchive bit diset kembali ini mengindikasikan bahwa data tsb telah berubah dan perlu dibackup lagi.

- Incremental : backup data yang mengalami perubahan sejak backup terakhir dilakukan. hanya file dgnarchive bit yang akan dibackup. archive bit akan dihapus setelah dilakukan incremental backup. Tipebackup ini menghemat penggunakan pita tapi memerlukan waktu yang lama untuk merestore datakarena data2 tersebar pada pita2 yang berbeda.

- Differential : Sama dengan tipe incremental tapi archive bit tidak dihapus setelah backup.

- Copy : sama dengan tipe full backup tapi archive bit tidak dihapus setelah file dibackup. jadi keadaanfile dibiarkan tetap seperti semula seperti sebelum dibackup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar